BAB 1 ANTROPOMETRI

BAB I

PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang

Manusia dalam melakukan aktifitas selalu membutuhkan informasi agar dapat melakukan aktifitasnya dengan lancar. Aktifitas yang dilakukan manusia berhubungan dengan lingkungan sekitar karena adanya interaksi antara manusia dengan lingkungan dimana aktifitas itu dilakukan. Interaksi antara manusia dengan lingkungan membutuhkan suatu alat peraga yang berguna untuk menyampaikan informasi kepada manusia agar terciptanya komunikasi secara tidak langsung antar keduanya. Hal ini disebabkan, lingkungan tidak dapat menyampaikan informasinya langsung kepada manusia dalam melakukan aktifitasnya. Maka dari itu dibutuhkan suatu alat peraga, yaitu berupa display yang berguna untuk menyampaikan informasi dari lingkungan dengan manusia agar aktifitas yang dilakukan menjadi lancar. Suatu display yang baik mengandung informasi yang dapat dimengerti dan dipahami oleh manusia dengan membaca atau mendengarnya.

Pembuatan display berupa video tentang aturan keselamatan dan kenyamanan kerja bagi pekerja. Video ini memberikan informasi tentang aturan pemakaian sarung tangan safety agar tangan pekerja tidak menjadi lecet akibat membawa beban. Lingkungan kerja tidak dapat memberikan informasi langsung kepada pekerja akan tetapi dengan melihat video tentang aturan pemakaian sarung tangan, pekerja dapat mengetahui akibat yang dapat dialami apabila tidak menggunakan sarung tangan. Informasi yang diberikan melalui video ini dapat memberikan kenyamanan kerja.

 

1.2              Perumusan Masalah

Perumusan masalah pada laporan akhir modul display adalah bagaimana cara membuat rekaman video tentang aturan keselamatan dan kenyamanan kerja yang menarik dan mudah dimengerti oleh pengguna. Apakah video yang dibuat dapat menyampaikan informasinya dengan baik.

 

1.3              Pembatasan Masalah

Pembatasan masalah diperlukan agar tidak menyimpang dalam pembahasan mengenai display. Berikut ini adalah pembatasan yang diperlukan untuk membatasi masalah-masalah dalam display tersebut:

  1. Produk yang dirancang hanya berupa display video.
  2. Perancangan display membahas aturan keselamatan dan kenyamanan kerja.
  3. Durasi video selama 3 menit.
  4. Pekerja teramati dalam video sebanyak 5 orang.
  5. Perancangan video dilakukan di tempat bangunan.

 

1.4              Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan dilakukan untuk mendapatkan hasil yang optimal dan sesuai dengan yang diharapkan pada modul display. Berikut ini adalah tujuan selengkapnya:

  1. Mengetahui tipe-tipe dari display video yang dibuat.
  2. Mengetahui prinsip-prinsip yang digunakan dalam pembuatan display.
  3. Mengetahui arti dari penggunaan warna display.
  4. Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari video yang dibuat.

 

1.5        Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan berguna untuk mempermudah pembaca memahami pembahasan. Laporan akhir analisis perancangan kerja dan ergonomi 2 ini dilakukan pengelompokan penulisan dengan sistematika penulisan sebagai berikut:

BAB I      PENDAHULUAN

Berisi mengenai latar belakang, perumusan masalah, pembatasan masalah, tujuan praktikum, dan sistematika penulisan. Penulisan pada pendahuluan untuk mengetahui apa saja yang ingin dibahas mengenai modul display.

BAB II    LANDASAN TEORI

Menerangkan mengenai tujuan pustaka bahwa penulisan Laporan Akhir Analisis Perancangan Kerja dan Ergonomi 2 tentang display. Penulisan dalam landasan teori yaitu sebagai informasi yang mempermudah pemahaman dan pengertian yang membahas display.

BAB III   METODE PENGAMBILAN DATA

Metode pengambilan data yang menerangkan dalam menerapkan skema pengambilan data pada modul display. Metode pengambilan data ini menjelaskan juga mengenai alat yang digunakan pada modul display.

BAB IV   PEMBAHASAN DAN ANALISIS

Berisi mengenai pembahasan yang terdiri dari deskripsi display yang dibuat, yaitu video. Analisis dari tipe display serta prinsip-prinsip display.

BAB V    KESIMPULAN DAN SARAN

Bab V berisi kesimpulan dari pembahasan dan analisis yang telah dilakukan pada bab sebelumnya. Bab ini juga berisi saran yang ditunjukan bagi laporan akhir serta pelaksanaan Praktikum Analisis Perancangan Kerja dan Ergonomi 2 selanjutnya agar dapat berjalan lebih baik lagi.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s